Review Novel : Holy Mother

Judul : Holy Mother
Penulis : Akiyoshi Rikako
Penerjemah : Andry Setiawan
Penerbit : Haru
Tebal : 284 halaman
Terbit : Oktober 2016

Terjadi pembunuhan mengerikan terhadap seorang anak laki-laki di kota tempat Honami tinggal. Korban bahkan diperkosa setelah dibunuh.

Berita itu membuat Honami mengkhawatirkan keselamatan putri satu-satunya yang dia miliki. Pihak kepolisian bahkan tidak bisa dia percayai.

Apa yang akan dia lakukan untuk melindungi putri tunggalnya itu?

My Review

Sejak membaca dua buku Akiyoshi Rikako terbitan Haru sebelumnya (Girls In The Dark dan The Dead Returns), saya terus menunggu-nunggu kehadiran buku selanjutnya. Bagaimana tidak, karena beliau selalu menawarkan ciri yang khas, yakni membuat saya ingin cepat membaca sampai habis untuk mengetahui plot twist, tapi di sisi lain saya menjadi sedih ketika selesai karena kehabisan bahan bacaan yang bagus .... 'orz

Pendek cerita, tanpa sengaja saya melihat buku Holly Mother ini di toko buku. Rupanya sudah terbit sejak Oktober 2016, dan saya terlambat. Maka saya lekas mengambilnya tanpa pikir panjang.

Berkisah melalui tiga sudut pandang yang dibagi secara merata sepanjang buku :

Seorang ibu yang akan melakukan apapun demi melindungi anaknya.

Dua detektif yang berjuang keras mencari pelaku pembunuhan keji.

Seorang murid SMA yang ... ah sudahlah, saya takut membocorkan spoiler.

Lika-liku penuh misteri pun berlangsung, dan sedikit demi sedikit kebenaran terungkap. Ada dua pengetahuan baru yang saya dapat dari membaca buku ini, yakni penjelasan eksplisit cara menghilangkan barang bukti dari mayat,  dan juga proses perawatan kehamilan. Yah untuk yang pertama sebaiknya jangan ditiru, tapi yang kedua membuat saya mengetahui betapa beratnya perjuangan seorang ibu.

Gaya penceritaannya ringan serta menyenangkan. Hal lain yang menarik bagi saya adalah prosedur terperinci detektif kepolisian dalam mengungkap sebuah kasus pembunuhan. Lalu tanpa terasa saya tiba pada bagian yang paling ditunggu-tunggu : plot twist ala Akiyoshi Rikako!

Cara menggambarkannya mungkin seperti ini. Twist yang membuat saya terus membolak-balik halaman untuk menyocokkan kebenaran dengan fakta-fakta yang sudah diforeshadow di sepanjang buku. Kegiatan yang akhirnya mengubah total makna dari sebuah narasi. Misalnya saja jika sebelumnya saya membaca sebuah paragraf dan memaknainya sebagai A, ternyata setelah dibaca ulang bisa juga dimaknai sebagai B! Teknik menulis yang sangat mengesankan bagi saya, satu kalimat dengan dua tafsir.

Hanya satu saja kekurangan dari buku ini menurut saya : momen puncaknya kurang klimaks. Dalam artian saya belum merasa ada ketegangan yang tersusun, namun tiba-tiba penjelasan plot twist digelar. Menandakan seharusnya saya sudah sampai di bagian klimaks (yang kupikir belum ... ). Mungkin jadinya konflik berakhir terlalu cepat.

Akhir kata, overall saya sangat menikmati Holy Mother. Menantikan buku Akiyoshi Rikako berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

The Masque of the Red Death

Review Novel : Attack On Titan Before The Fall Vol. 1

Review Novel : Zombie Aedes