Informasi Menerbitkan Light Novel Melalui Komunitas

Light Novel adalah jenis novel baru yang belakangan ini mulai digandrungi, khususnya oleh para penggemar pop culture Jepang. Itu karena jenis bahasa yang lebih ringan dibandung novel pada umumnya, dan juga seringkali diberikan gambar-gambar ilustrasi. Sayangnya saat ini belum banyak penerbit mayor di Indonesia yang melirik jenis novel ini. Nah, karena itu, kali ini saya akan coba membagikan informasi apabila teman-teman ada yang tertarik untuk menerbitkan LN buatannya. Namun yang akan saya bagikan bukanlah informasi mengenai tempat penerbitan indie yang mana teman harus mengusahakan semuanya sendiri, melainkan informasi mengenai komunitas-komunitas yang bisa membantu teman dalam menerbitkan LNnya. Selamat menyimak~

***

1. Light Novel Indonesia (LiNE)



LiNE berasal dari sebuah grup yang beranggotakan para penulis maupun penggemar Light Novel. Awalnya di sana adalah tempat bagi anggotanya untuk membuat LN sendiri lalu saling bertukar komentar, hingga lama-kelamaan tercetus upaya untuk menerbitkan LN. Karya pertama yang sudah mereka terbitkan adalah LEINA - Legenda Imaji Nusantara yang pernah saya review di sini.

Namun penerbitannya tidak setiap saat, biasanya ada event-event khusus, seperti LEINA yang sebelumnya dibuat menjelang Comifuro, dengan membuat sejenis seleksi. Tapi jangan khawatir, karena saat ini tengah dibuka event untuk menerbitkan kembali LN dari anggotanya untuk diluncurkan pada Comifuro berikutnya.

Keuntungan dari menerbitkan LN melalui LiNE adalah teman bisa mendapat bantuan dalam hal editing, ilustrasi, membuat cover, sampai mengurus percetakan.

Di sisi lain tentu ada biaya patungan yang dikenakan. Tapi jika dibandingkan dengan repotnya editing, membuat ilustrasi dan cover, sampai mengurus percetakan sendiri, saya rasa biayanya masih tergolong murah.

Jika teman-teman ingin mencoba, silakan mengunjungi markas besar LiNE di sini.



2. Kopi Studio



Kopi Studio baru-baru ini tengah berupaya meluncurkan karya perdananya, yaitu Kopimix, majalah bulanan yang di dalamnya berisi komik dan juga LN. Dari yang terlihat sekarang, nampaknya Kopimix memiliki masa depan yang cerah. Nah, jika teman berminat untuk mengirim LN buatannya, rupanya Kopi Studio membuka kesempatan lebar-lebar untuk itu. Tentu saja ada proses seleksi untuk mendapatkan karya terbaik, tapi jika berhasil, Kopi Studio sudah menjanjikan insentif yang lumayan.

Jika dipadatkan, keuntungan yang bisa teman dapatkan melalui Kopi Studio adalah, teman bisa mendapatkan editing, tulisannya diterbirkan, juga insentif. Jangan lupa, tidak ada biaya patungan yang perlu dibayarkan.

Tapi tentu saja persaingannya akan lebih ketat. Selain itu LN yang diterbitkan tiap bulannya adalah perchapter, bukan keseluruhan satu volume utuh. Yang mana berarti kualitas dari setiap chapternya harus tetap dijaga semaksimal mungkin.

Kalau teman-teman berminat, silakan mengunjungi fanpagenya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut di sini.

***

Sekian saja informasi yang bisa saya bagikan. Atau jika ada teman-teman yang juga memiliki informasi, jangan segan untuk membagikannya agar halaman ini bisa diperbarui. Akhir kata, jaya selalu Light Novel Indonesia!

Comments

  1. Tertarik bikin LN jadinya. XD

    LN favoritku 'Gun Princess the Majesty'. Ehehehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

The Masque of the Red Death

Review Novel : Attack On Titan Before The Fall Vol. 1

Review Novel : Zombie Aedes