Berapa Darah Yang Dibutuhkan Manusia Untuk Bertahan Hidup



Darah memegang peranan penting untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh manusia. Orang dewasa memiliki volume darah 7% dari berat tubuhnya, rata-rata berkisar antara 4,7 sampai 5,5 liter. Namun pada kasus pendarahan, apa yang terjadi pada manusia seiring berkurangnya volume darah dalam tubuh? American College of Surgeons Advance Trauma Life Support (ATLS) mengklasifikasi pendarahan ke dalam 4 kelas sebagai berikut :

Pendarahan kelas 1 : Kehilangan <15% total volume darah 

Hampir tidak ada gejala kekurangan darah pada jumlah ini, meski sebagian orang mungkin merasa agak pusing. Sebagai perbandingan, pada saat melakukan donor darah, biasanya pendonor memberikan 8 sampai 10% volume darahnya.


Pendarahan kelas 2 : Kehilangan 15%-30% total volume darah

Gejala kekurangan darah akan mulai muncul. Untuk mengkompensasi jumlah darah yang berkurang, jantung akan berdetak lebih cepat agar oksigen bisa didistribusikan lebih cepat. Seseorang akan merasa lemah, tampak pucat, dan kulitnya menjadi dingin.

Pendarahan kelas 3 : Kehilangan 30%-40% total volume darah

Jantung akan berdetak makin cepat dan menegang. Tekanan darah menurun. Pembuluh darah yang kecil akan menyempit agar sirkulasi darah tetap berlangsung. Pada titik ini transfusi darah biasanya diperlukan.

Pendarahan kelas 4 : Kehilangan 40%< total volume darah

Jantung yang bekerja terlalu keras tidak lagi dapat mempertahankan tekanan dan sirkulasi darah. Organ-organ akan berhenti bekerja sehingga seseorang jatuh dalam kondisi koma. Keadaan ini disebut hypovolemic shock. Pertolongan sangat dibutuhkan untuk mencegah kematian.

Comments

Popular posts from this blog

The Masque of the Red Death

Review Novel : Attack On Titan Before The Fall Vol. 1

Review Novel : Zombie Aedes