Mari Berhitung : Sudahkah Menulis 10.000 Jam?


Berawal dari rasa penasaran saya tentang siapa pencetus teori 10.000 jam (yang mengatakan bahwa seseorang akan menjadi ahli dalam suatu bidang setelah berlatih di bidang tersebut selama 10.000 jam). Akhirnya saya menemukan nama Malcolm Gladwell dengan bukunya Outliers : The Story of Success. Pada Bab 2 buku itu ia membahas teori 10.000 jam.

Dikatakan orang-orang seperti Bill Gates atau grup band The Beatles menghabiskan waktu 10.000 jam bergelut di bidangnya sebelum mencapai sukses. Dari situ saya mulai berhitung.

Saya mulai menulis fiksi tahun 2011. Sampai sekarang, berarti saya sudah menulis selama 5 tahun. Tapi melalui perkiraan kasar, mungkin saya hanya menulis 2 jam dalam seminggu. Maka perhitungannya sebagai berikut :


2 (jam) x 54 (minggu) x 5 (tahun) = 540 (jam)

Ternyata saya baru menulis 540 jam. Dan jika mempertahankan kecepatan sekarang, saya baru akan mencapai 10.000 jam sekitar 87 tahun lagi. Di satu sisi saya jadi merasa maklum mengapa kemampuan menulis saya masih begini-begini saja, tapi di sisi lain saya ragu apa masih bisa hidup 87 tahun lagi...

Namun tidak cuma sampai di situ, bab 2 Outliers juga membahas variabel lain dalam kesuksesan, yaitu lingkungan dan kesempatan untuk bisa berlatih selama 10.000 jam.

Mengambil contoh kasar, tidak semua anak yang bercita-cita menjadi pemain ice hockey profesional mendapat kesempatan belajar yang cukup. Hanya mereka yang lolos seleksi pada usia 10 tahun yang dapat bermain di tim sehingga berkesempatan mendapat menu latihan profesional. Padahal nilai seleksi di usia dini belum memberi perbedaan yang berpengaruh, dan mungkin anak yang lolos dan tidak lolos memiliki potensi yang sama apabila mendapat menu latihan sama.

Pada kasus Bill Gates, ia adalah satu dari sangat-sangat-sangat sedikit anak beruntung yang memperoleh kesempatan untuk mempelajari komputer pada tahun 1960an, yang mana saat itu komputer adalah barang yang sangat mahal.

Begitu juga dengan grup band The Beatles, melalui koneksi mereka mendapat kesempatan untuk melakukan penampilan panggung di berbagai Strip House di Hamburg. Di sana lah kemampuan bermusik mereka terasah, ketika harus bermain 8 jam non-stop setiap harinya untuk menarik tamu.

Dari situ saya berpikir lagi, mungkin saya baru mendapatkan 540 jam karena keterbatasan... hmm... keterbatasan apa ya... Laptop sih ada, dan saya mulai menulis juga sejak punya laptop.

Ah, tapi setidaknya ada satu bidang yang saya yakin tak lama lagi bisa mencapai 10.000 jam. Sejak pertama daftar 7 tahun lalu, mungkin saya main FB minimal 3 jam sehari, sehingga :

3 (jam) x 365 (hari) x 7 (tahun) = 7.665 (jam)

Berarti tinggal 2.335 jam sebelum saya menjadi pemain FB profesional. Dan lagi itu hanya perhitungan kasar, jika menghitung hari di mana saya seharian main FB, mungkin saya sudah berhasil mencapai 10.000 jam itu.


PS : Grafik di bawah untuk memperkirakan berapa lama kita harus berlatih setiap harinya.


Comments

Popular posts from this blog

The Masque of the Red Death

Review Novel : Attack On Titan Before The Fall Vol. 1

Review Novel : Zombie Aedes