Pengalaman Pra Kualifikasi MT Krakatau Steel 2017

Ada yang bikin meme pas nunggu tes

Satu bulan yang lalu (akhir Oktober 2017) saya mendaftar posisi Management Trainee Krakatau Steel melalui website. Kemudian pada tanggal 22 November 2017, ternyata nama saya muncul dalam daftar peserta yang lolos tes administrasi. Maka selanjutnya saya diwajibkan mengikuti Pra Kualifikasi pada tanggal 26 November 2017, bersama dengan puluhan ribu peserta lain. Lokasi tes saya adalah gedung Center of Excellence di kompleks Fakultas Teknik Untirta.

Saya tiba di lokasi menembus hujan dan badai pukul 06:30. Sebab berdasarkan pengumuman, ujian untuk Batch 1 diadakan pukul 08:00, dan peserta harus hadir 1 jam sebelumnya. Saya pun ikut melakukan registrasi, kemudian menunggu hingga waktu tes dimulai. Namun, something happened...

Karena pada awalnya tes akan dilakukan secara online, maka peserta diwajibkan membawa laptop atau smartphone. Kemudian panitia memberi instruksi agar peserta menggunakan wifi rekrutmen Krakatau Steel. Seperti yang saya perkirakan, wifinya tidak akan kuat digunakan ratusan orang secara sekaligus. Alhasil, jaringannya tidak bisa digunakan browsing. Padahal, website tes online nya bisa diakses apabila menggunakan data seluler masing-masing. Akhir kata, panitia pun memperbolehkan peserta menggunakan data seluler masing-masing.

Masalah berikutnya datang ketika website ujian online juga tidak bisa diakses. Dugaan saya, mungkin servernya tidak kuat menampung begitu banyak peserta dari seluruh Indonesia. Hal ini juga terjadi pada website Krakatau Steel yang down di hari pertama pengumuman tes administrasi. Akibatnya, soal ujian online nya tidak mau keluar. Tes terpaksa ditunda untuk jangka waktu yang tak dipastikan sampai panitia menemukan jalan keluar atas masalah ini. Dalam mengisi kekosongan, rupanya ada anak gabut yang membuat meme dengan mengedit soal ujian yang tidak keluar, seperti gambar di atas. ^^

Akhirnya, menjelang pukul 12:00, panitia memutuskan untuk melaksanakan ujian secara manual. Tes Intelegensi Umum yang seharusnya dilakukan dengan sistem CAT itu dirubah menjadi manual. Panitia memasang infokus di depan ruangan yang digunakan untuk memproyeksikan soal, lalu peserta menulis jawabannya di HP masing-masing. Setelah selesai, peserta diinstruksikan untuk mengirim hasil jawaban ke alamat email rekrutmen Krakatau Steel. Saya beruntung mendapat posisi duduk yang cukup terdepan, tapi sayangnya ada beberapa teman di batch lain yang tidak kebagian posisi depan, dan... yah begitulah... cukup sulit membaca soal dari bagian belakang ruangan yang lumayan jauh. Dari pihak panitia pun terbayang kerepotan yang akan mereka hadapi saat menyortir puluhan ribu email satu-persatu.

Dan selesailah Pra Kualifikasi yang diwarnai dengan hujan ini. Semoga Tuhan memberi kami semua hasil yang terbaik. Amin.

Update : Seleksi MT Krakatau Steel 2017 - Part 2

Comments

Popular posts from this blog

Review Novel : Attack On Titan Before The Fall Vol. 1

The Masque of the Red Death

Review Novel : Zombie Aedes